10 Cara Hemat Paket Data Biar Awet

Tips • 24 Juni 2020

Siapa sih yang saat ini nggak butuh paket data? Apalagi sekarang apa-apa terhubung ke internet, seperti sektor pendidikan, ekonomi, sosial, hingga pemerintahan.


Paket data sudah tergolong kebutuhan primer. Berbeda dengan sepuluh tahun lalu yang masih dibutuhkan oleh sebagian orang saja.


Tingginya aktivitas di dunia maya tentu akan berpengaruh pada berapa banyak kuota yang dibutuhkan. Jika tidak dikontrol, anggaran paket data kamu akan meningkat.


Takut pengeluaran bulanan membengkak dari biasanya? Yuk lakukan beberapa langkah penghematan. berikut 7 cara menghemat biar kuota paket data lebih awet.


1. Menggunakan browser yang ringan dan efisien


Sumber: gadgetsin.com

Siapa sangka ternyata browser juga bisa menyedot data cukup banyak. Bahkan browser bawaan pada gadget diduga turut memakan banyak data, lho! Untuk itu, penting memilih browser tepat untuk gadetmu. Selain faktor ukuran saat diunduh, hemat data juga menjadi pertimbangan besar


Namun jangan khawatir. Kini sudah banyak browser yang ringan dan pastinya terpercaya, seperti Google Go, Firefox Lite, CM Browser, dan Opera Mini Browser.


2. Tidak terlalu sering membuka aplikasi boros kuota


Sumber: fronetics com

Tahu kah kamu bahwa beberapa aplikasi populer di gadget ternyata banyak memakan kuota data internet. Salah satunya adalah Youtube, Instagram, Facebook, Netflix, dan Tik Tok. Jika kamu ingin menghemat paket data, sebaiknya kurangi intensitas penggunaan aplikasi diatas. Buka aplikasi seperlunya atau kamu bisa pakai sepuasnya jika menggunakan jaringan WiFi.


3. Membantasi penggunaan background data


Sumber: galaxys20userguide.com

Pernah merasa kamu tidak terlalu banyak mengakses aplikasi atau browser tapi paket cepat habis? Mungkin background data bisa jadi pelakunya. Ini sering terjadi dan banyak yang tidak mengetahui. Untuk itu, pastikan untuk mengontrol background data dengan masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garus vertikal di kanan atas > Restict Background Data > OK. Cara ini cukup ampuh untuk menghemat kuota internet, namun efeknya kamu akan telat mendapatkan notifikasi.


4. Atur aplikasi agar tidak update otomatis


Sumber: ios.gadgethacks.com

Selain background data, pemain lama yang sering menyedot datamu adalah Play Store. Jika tidak diatur, aplikasi ini akan melakukan update jika ada pembaharuan. Untuk itu, kamu perlu mengubah pengaturannya. Caranya gampang, buka Play Store > Settings > Auto-update apps. Jangan pilih Over any network jika tidak ingin paket datamu disedot. Pilih Over Wi-Fi Only atau Don’t auto-update apps.


5. Menonaktifkan opsi sikronisasi yang tidak diinginkan


Sumber: www.uplabs.com

Tanpa disadari banyak akun yang melakukan sinkronisasi otomatis di gadgetmu yang membuat paket datamu cepat habis. Agar hal itu tidak terjadi terus menerus, nonaktifkan sinkronisasi otomatis dengan cara masuk ke menu settings > accounts > pilih akun yang tidak ingin kamu sinkronisasikan. Dengan begitu paket data kamu jauh jadi lebih hemat.


6. Manfaatkan aplikasi yang bisa digunakan secara offline


Sumber: www.inews.id

Agar kuota datamu bisa lebih awet, kamu bisa menggunakan aplikasi yang memungkinkan kamu tetap bisa menggunakan fiturnya walau dalam keadaan offline, seperti Google Maps dan Spotify Premium. Caranya cukup mudah, unduh data-data yang diperlukan. Kemudian kamu bisa menggunakan data-data tersebut secara offline.


7. Batasi penggunaan paket data setiap bulan


Sumber: jateng.idntimes.com

Sudah cukup banyak yang mengetahui fitur ini, namun jarang yang memanfaatnya. Alhasil, pengguna tidak mendapatkan notifikasi terutama ketika paket data kamu sedang terkuras. Untuk membantu mengingatkan dan membatasi penggunaan datamu, kamu bisa menggunakan fitur ini. Sebelumnya pastikan untuk mengatur fitur ini menu Settings > Connections. Melalui data tersebut, kamu bisa memperkirakan berapa data yang kamu butuhkan dalam sebulan. Jika sudah, klik Set mobile data limit atau Limit mobile data usage. Dengan begitu, data kamu bisa jadi lebih hemat tanpa harus mengontrol habis penggunaan datamu.


Sumber: www.idntimes.com, www.cermati.com