2 Cara Mudah Klaim Token Listrik Gratis Untuk Pelanggan 450 VA dan 900 VA

Info Tips • 09 April 2020

Demi membantu beban kalangan bawah di masa pandemi virus corona atau COVID-19, pemerintah pusat akhirnya memutuskan untuk menggratis listrik bagi pelanggan R1/450 VA dan mensubsidi 50% bagi pelanggan R1/900 VA.


Seperti yang kita tahu, terdapat dua jenis pelanggan listrik, yaitu prabayar (menggunakan token listrik) dan pascabayar (membayar tagihan setelah penggunaan selama sebulan). Untuk pelanggan pascabayar, secara otomatis sistem akan mengratiskan dan mensubsidi tagihan listrik 50%. Sedangkan pelanggan dengan sistem prabayar, pelanggan perlu melakukan klaim token dahulu.


PLN memberikan dua opsi bagi pelanggan untuk mendapatkan token listrik gratis dan subsidi, yaitu klaim melalui www.pln.co.id dan layanan WhatsApp. Berikut cara melakukan klaim token listrik gratis dengan dua opsi tersebut.


1. Melalui www.pln.co.id


1) Kunjungi website PLN www.pln.co.id melalui browser.
2) Masukkan ID Pelanggan/Nomor meter listikmu.
3) Token listrik akan tampil pada kolom keterangan.
4) Setelah mendapatkan token, pelanggan bisa memasukkan angka tersebut ke kWh meter.


2. Melalui Layanan WhatsApp


1) Hubungi layanan WhatsApp PLN di nomor 08122123123
2) Pelanggan dapat memulai chat dengan mengetik keyword “listrik gratis”
3) Kirimkan ID pelanggan/nomor meter, sesuai dengan petunjuk yang muncul pada layar.
4) Token listrik akan tampil di layar.
5) Setelah mendapatkan token, pelanggan bisa memasukkan angka tersebut ke kWh meter.


Namun perlu diingat bahwa tidak semua pelanggan akan mendapatkan token listrik gratis. Berikut list jenis pelanggan yang mendapat bantuan:


1. R1/450 VA (Gratis)
2. R1/900 VA (Subsidi)


Untuk mengetahui apakah kamu termasuk pelanggan bersubsidi atau tidak, silahkan cek struk pembayaran listrik sebelumnya. Lihat pada kolom Tarif/Daya. Jika tertera R1, maka kamu termasuk dalam list pelanggan yang mendapat keringanan. Sedangkan jika tertera R1M, maka kamu tergolong pelanggan yang mampu dan tidak mendapat keringanan (non-subsidi)


Bagi pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan.