Awas! Cegah Pembajakan Akun Dengan 5 Langkah Berikut

Tips • 18 Desember 2019

Di era modern ini, perkembangan teknologi terus berkembang. Dengan hadirnya di tengah masyarakat, teknologi mampu membantu sebagian besar kerja manusia untuk menjadi lebih efisien. Tak terkecuali di bidang ekonomi, contohnya e-Business seperti e-Commerce dan Fintech (Financial Technology) yang tentunya sudah kamu rasakan saat ini, bukan? Dengan hadirnya e-Business, kamu tidak perlu lagi belanja di toko fisik. Cukup dengan sentuhan jari di gadgetmu, barang akan tiba dalam waktu estimasi yang dijanjikan toko!


Eits, jangan kegirangan dulu. Ada satu hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu keamanan. Portal yang menjadi tempat dimana kamu belanja pasti sudah menyiapkan keamanan yang tinggi agar tidak terjadi kebobolan akun bagi para pengguna setianya. Dan keamanan tersebut terus dikembangan hingga hampir tidak memberi celah untuk para pembajak akun untuk mengakses akun pengguna lain.


Namun, keamanan yang sudah dipersiapkan oleh mereka akan terasa sia-sia jika dari pengguna lalai membantu menjaga akun miliknya sendiri. Sebelum hal tersebut terjadi, pastikan kamu ‘menyediakan payung sebelum hujan’ agar pembajakan akun tidak terjadi.


Yuk simak tips ala BukaKios untuk menjaga keamanan akun pribadi:

  • Jangan beri orang lain akses untuk ke e-Mail dan nomor HP

Siapapun itu, jangan berikan akses ke e-Mail dan nomor HP pribadimu ke orang lain. Jangan mudah terpicu dengan alasan yang dibuat oleh mereka. Mereka akan berusaha membuat alasan yang sekiranya bisa membuat kamu luluh dan akhirnya memberikan akses ke e-Mail dan nomor HPmu. Sebagai informasi, akses itu seperti ‘kunci gerbang’ menuju area privasimu di dunia internet. Jadi jangan mudah terayu untuk memberikan akses ke orang lain ya!

  • Jangan beri tahu password, kode OTP dan PIN yang kamu miliki ke orang lain

Apapun alasannya, entah itu mau membantu atau akunmu bermasalah, jangan beritahu password dan PIN serta kode OTP yang kamu terima ke orang lain. Pastikan hanya kamu yang tahu agar orang lain tidak bisa mengakses akunmu.


Bagaimana jika kamu punya masalah mengenai password, kode OTP dan PIN? Segara laporkan ke Customer Service resminya agar mereka bisa membantu kamu ya!

  • Hindari membuat password dan PIN yang mudah ditebak

Ini juga termasuk kesalahan fatal yang paling sering terjadi. Pengguna sering membuat password dan PIN yang gampang, seperti 123456, tanggal lahir, nama sendiri, dan lainnya. Para pembajak akun akan sangat gampang untuk menebak. Dan akhirnya apa? Akunmu terbobol dengan mudah! Jadi pastikan kamu membuat password yang sulit untuk ditebak orang lain ya!

  • Ganti password dan PIN secara berkala

Sebagai informasi, para pembajak akun itu sangat telaten lho untuk terus mencoba agar bisa membobol akun. Untuk menghindari akun yang dibobol, kamu juga harus telaten menjaga akunmu sendiri, lho. Caranya dengan mengganti password dan PIN secara berkala ya, minimal 2 bulan sekali ya!

  • Jangan sembarang login di gadget yang bukan milikmu

Sebagian pengguna ada yang nebeng login di gadget milik orang lain lalu lupa log out dari akunnya. Syukur-syukur jika si pemilik gadget berbaik hati dan membantu log out dari gadgetnya. Bagaimana jika si pemilik gadget nakal? Waduh bisa berabe deh. Maka dari itu, jika memang ingin meminjam gadget dari orang lain, pastikan setelah selesai segala urusan kamu harus log out akunmu.

  • Lapor segera ke CS jika terjadi aktivitas yang mencurigakan di akunmu

Ketika kamu melakukan riwayat transaksi, kamu menemukan transaksi yang bahkan tidak pernah kamu lakukan. Jika terjadi hal tersebut, langsung laporkan ke Customer Service segera! Jangan biarkan pembobolan lebih dari itu. Pastinya Customer Service akan memberikan solusi buat kamu. Ikuti semua langkah yang diminta agar keamananmu kembali kuat ya.


Jika kamu punya pertanyaan mengenai akun BukaKios, kamu bisa hubungi BukaKios Care di Live Chat atau WhatsApp. BukaKios Care akan senang hati menjawab semua pertanyaan kamu.


Tetap waspada terhadap para pembajak akun dan tetap telaten buat menjaga keamanan akun pribadimu. Stay safe!