Baru! Google Meet Miliki Tampilan Rapat Seperti Zoom

Info • 28 April 2020

Setelah digandrungi rumor pembajakan gadget pasca meenggunakan aplikasi Zoom, Google diam-diam mengambil kesempatan itu untuk menyaingi aplikasi tersebut. Google melalui aplikasinya yang bernama Google Meet memberikan fitur baru, yaitu membuat tata layar video mirip Zoom.


Langkah ini diambil Google untuk memberi kenyamanan bagi para pengguna yang saat ini sangat bergantung dengan aplikasi video konferensi. Terutama di masa wabah COVID-19 yang jumlah kasusnya setiap hari terus bertambah. Sehingga langkah ini dirasa sangat berguna demi kenyamanan saat bekerja di rumah.


Google Meet kini dapat menampilkan 16 peserta teleconference sekaligus dalam satu layar dari sebelumnya yang hanya 6 orang. Walau pun tidak sebanyak pesaingnya, Zoom, yang dapat menampung hingga 49 orang. Namun Google Meet ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang sedang mencari aplikasi video telekonferensi.


Google mulai memperkenalkan Google Meet pada awal April 2020 setelah diam-diam mengganti nama layanan tersebut dari sebelumnya bernama Google Hangouts Meet. Namun seperti halnya Zoom, Google Meet tidak dilindungi dengan sistem enskripsi end-to-end, melainkan encrypted in transit. Sehingga layanan dapat dimasuki oleh siapa saja yang menggunakan koneksi HTTPS.


Percakapan dilakukan secara pribadi. Namun tentunya memungkinkan penyedia layanan dapat melihat data rapat yang dilakukan penggunanya. Permasalahan ini yang sempat dialami Zoom beberapa waktu lalu yang membuat beberapa penggunanya merasa khawatir.