Bosen? Lakukan 5 Kegiatan Ini Selama #DiRumahAja

Tips • 05 April 2020

Sudah hampir memasuki 4 minggu sejak keluarnya anjuran physical distancing dikarenakan COVID-19. Masyarakat diminta untuk membatasi kegiatan di luar dan mengalihkannya ke rumah masing-masing, mulai dari kegiatan belajar hingga pekerjaan atau Work From Home (WFH) bahasa kerennya. Selama itu pula, kita hanya berkutat dalam rumah. Tidak ada kata mall, tempat rekreasi, atau toko buku. Semuanya berdiam diri di rumah demi menekan penyebaran COVID-19.


Tapi, sudah menjadi rahasia umum bahwa masyarakat mulai merasa bosan. ada yang ingin ke mall, ada yang ingin sekedar nongkrong di cafe, ada yang ingin kembali belajar dan kerja seperti biasa, dan masih banyak lagi.


Namun ini belum saatnya untuk menyerah! Demi mengurangi rasa bosan yang tak tertahankan, bagaimana kalau kita melakukan kegiatan yang selama ini tertunda karena terlalu sibuk belajar dan kerja? Nah, berikut 5 kegiatan yang mungkin bisa kamu lakukan demi membuat harimu kembali ceria selama #DiRumahAja!


1. Menonton list film atau dokumenter yang belum sempat ditonton


Coba cek kembali list film dan dokumenter yang sudah kamu buat. Adakah yang belum sempat kamu tonton dan ternyata keburu di take down oleh pihak bioskop? Jika ada, yuk mulai ditonton. Selain mengurangi rasa bosan, setidaknya kamu juga mengurangi rasa penasaran yang selama ini terpendam. Kalau list yang kamu buat sudah ditonton semua, cobalah untuk mengulik film atau dokumenter yang sedang atau pernah hits. Kali aja ada yang menarik minat kamu, bukan? Oh iya, jangan lupa sediakan snack untuk menemanimu saat sedang menonton ya.


2. Baca buku yang belum sempat dibaca atau ditamatkan


Sibuknya kegiatan terkadang membuat kegiatan membacamu tersendat. Mulai periksa lemari bukumu, apakah ada buku yang belum selesai dibaca? Jika sudah dibaca semua, mungkin kamu bisa membaca ulang buku yang paling menarik minatmu. Biar mood kamu baik, mungkin kamu bisa sambil mendengarkan musik dikala membaca buku. Tentunya dengan lagu yang pelan ya, bukan yang keras. Nanti malah hilang fokus pas membaca buku.


3. Belajar menu masakan baru


Dengan physical distancing, kesempatan kamu untuk mencoba kuliner di luar menjadi berkurang. Demi memenuhi hasrat perut yang terus bergejolak untuk mencicipi makanan baru, cobalah untuk mengulik menu masakan di internet atau buku resep.


Saat ini kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak dari biasanya. Jadi mulailah melakukan eksperimen masakan baru. Jika kamu belum pandai memasak, mintalah bantuan ibu atau keluargamu untuk mengajarimu.


4. Mengerjakan pekerjaan kantor yang belum terselesaikan


Kamu yang kesehariannya kerja kantoran kebanyakan diberi pekerjaan selama dirumah seperti halnya siswa yang beri tugas rumah, bukan? Agar kamu ga bosen-bosen amat, cek kembali list pekerjaanmu. Apakah ada yang bisa dikerjakan? Jika ada, mulailah kerjakan. Selain meringkankan kerja kamu selanjutnya, tidak menutup kemungkinan kamu dipuji atasan karena giat melakukan pekerjaan, kan?


5. Berkomunikasi dengan keluarga atau teman


berbincang dengan keluarga dan teman ternyata bisa membantu menaikkan mood, lho. Kamu bisa bicara soal nostalgia, membuat rencana selama #DiRumahAja, curhat, main, atau senda gurau. Jika kamu sedang merantau, kamu bisa hubungi melalui telepon atau pesan. Sesekali beri kabar agar keluarga tidak merasa khawatir.


Masih banyak kegiatan lain yang sebenarnya bisa kamu lakukan. Tentunya kegiatan yang ingin dilakukan harus sesuai dengan minatmu agar saat melakukannya, kamu tidak merasa terbebani dan senang menjalaninya. Yuk mulai mengulik hobimu dan lakukan selama #DiRumahAja ya, sob!