Cara Gampang Cek Tagihan Listrik Pascabayar di BukaKios

Tutorial • 09 Oktober 2020

Listrik menjadi komoditas penting dalam menunjang rutinitas harian. Hampir segala aspek sangat membutuhkan listrik. Selain itu, listrik juga dapat membantu memudahkan beberapa pekerjaan yang dulunya mesti manual. Sehingga kehadiran dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat.


Di tanah air sendiri, satu-satunya perusahaan yang menyediakan listrik untuk masyarakat adalah PT. PLN (Persero). PLN menyediakan listrik dengan berbagai sumber, seperti batubara (PLTU), bendungan air (PLTA), diesel (PLTD), gas (PLTG), angin (PLTB) dan nuklir (PLTN). Pembangkit-pembangkit ini tersebar di seluruh Indonesia dan disesuaikan dengan sumber daya yang ada di wilayah tersebut.


Dalam penyediaan listrik ke masyarakat, PLN membaginya menjadi dua; Pascabayar dan Prabayar. Listrik pascabayar merupakan listrik yang dapat digunakan dahulu dan melakukan pembayaran setiap awal bulan berdasarkan energi yang telah digunakan. Sedangkan listrik prabayar merupakan listrik yang dapat digunakan setelah melakukan pembelian token dan besar energi listrik yang dapat digunakan tergantung nominal token yang dibeli oleh pelanggan.


Seperti penjelasan sebelumnya, pengguna listrik pascabayar membayar tagihan bulanan dan nominal setiap bulannya tidak akan sama. Hal ini tergantung seberapa besar energi yang digunakan selama sebulan. Sehingga untuk mengetahui berapa tagihan listrik, perlu dilakukan pengecekan dahulu. Salah satunya kamu bisa melakukan pengecekan tagihan melalui BukaKios.


Ingin tahu bagaimana cara melakukan pengecekan tagihan listrik pascabayar? Yuk ikuti langkah dibawah ini.


1. Login dahulu di aplikasi BukaKios.


2. Pilih Tagihan Listrik pada laman utama.


3. Masukkan Nomor Meter/Nomor Pelanggan. Kemudian pilih Cek Tagihan.


4. Setelah itu akan muncul detail tagihan listrik beserta data pelanggan. Jika ingin melanjutkan pembayaran tagihan listrik melalui BukaKios, pilih Bayar.


Mudah bukan? Kamu tidak akan dikenakan biaya alias GRATIS untuk melakukan pengecekan tagihan listrik. Jadi jangan lupa untuk menggunakan BukaKios untuk melakukan pegecekan dan pembayaran tagihan listrik, ya!