Cara Mudah Dapat Token Listrik PLN Gratis Desember 2020

Info Produk Tutorial • 02 Desember 2020

Pemerintah kembali memperpanjang program subsidi listrik gratis melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) bagi pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. Sebelumnya program ini hanya berlangsung dari bulan April, Mei, dan Juni 2020.


Kebijakan ini pun bisa kembali dinikmati oleh 24 juta pelanggan, baik pascabayar maupun prabayar. Diharapkan dengan dilanjutkannya program subsidi listrik ini bisa membantu meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu.


Untuk mendapatkan subsidi listrik gratis, ada perbedaan mekanisme antara prabayar dan pascabayar. Untuk pelanggan PLN pascabayar akan mendapatkan subsidi dan pembebasan biaya listrik secara otomatis. Sedangkan pelanggan prabayar bisa mendapatkan subsidi atau token listrik gratis dengan mengklaim ID pelanggan ke WhatsApp resmi PLN atau website PLN www.pln.co.id.


Namun perlu diingat, untuk pelanggan PLN yang mendapatkan pembebasan biaya listrik secara total adalah pelanggan PLN 450 VA. Sedangkan pelanggan PLN 900 VA hanya mendapatkan subsidi 50% dari total biaya listriknya.


Lalu bagaimana untuk mendapat token listrik gratis maupun subsidi tersebut? Ada tiga cara untuk memperoleh token tersebut. Pertama, kamu bisa WhatsApp resmi PLN 08122-123-123. Kedua, klaim melalui website PLN www.pln.co.id. Dan ketiga, kamu bisa klaim di aplikasi pulsa dan PPOB seperti BukaKios. Bagaimana caranya klaim token listrik PLN gratis melalui BukaKios? Yuk simak langkah di bawah ini.


1. Login di aplikasi BukaKios.


2. Pilih menu Token Listrik.


3. Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Kemudian tekan tombol Cek Nomor.


4. Akan muncul nama pelanggan beserta nomor token. Jika sudah sesuai, kemudian pilih produk KLAIM TOKEN LISTRIK GRATIS.


5. Layar checkout akan tampil di layarmu. Lakukan pengecekan kembali. Jika sudah sesuai, tekan tombol BELI DAN BAYAR.


6. Tunggu hingga status transaksi sukses.


7. Untuk mendapatkan kode token, masuk ke menu Riwayat > pilih Pemesanan > pilih transaksi KLAIM TOKEN LISTRIK GRATIS terbaru yang sudah kamu lakukan > Temukan kode token di kolom SN.

Selamat menggunakan, sob!