Hindari Penyakit Berbahaya Dengan 5 Gaya Hidup Sehat Nan Simpel!

Tips • 11 Maret 2020

Sudah banyak gaya hidup yang berkembang seiring berjalannya wkatu di era globalisasi. Tapi kebanyakan gaya hidup yang berkembang pesat bukanlah gaya hidup yang sehat bagi tubuh, seperti duduk berjam-jam di kafe, mengonsumsi minuman berkafein, bermain gadget berjam-jam, dan masih banyak lagi.


Dengan gaya hidup yang tidak sehat tentu akan menimbulkan bahaya bagi tubuh. Akan ada banyak penyakit berbahaya yang mengintai jika tidak diatasi sesegera mungkin, Untuk menghindari hal tersebut, maka kamu harus mulai mengubah gaya hidupmu dari yang urak-urakan ke gaya hidup sehat. Berikut 5 gaya hidup sehat yang bisa kamu terapkan di keseharianmu.


1. Mengonsumsi makanan bergizi dan pola makan yang teratur


Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, pastikan makanan yang kamu konsumsi merupakan makanan bergizi, seperti yang sering kita dengar di slogan “empat sehat lima sempurna” (Makanan pokok, sayur-sayuran, lauk pauk, buah-buahan, susu). Dengan asupan gizi yang terpenuhi, tentunya tubuh akan terasa lebih fit.


Namun makanan bergizi juga tidak akan maksimal tanpa adanya pola makan yang teratur. Jika jam makan kamu berantakan, tentunya juga akan memberikan dampak yang negatif ke sistem pencernaan. Jadi pastikan kamu teratur soal jam makan ya.


2. Rutin berolahraga


Agar peredaran darah lancar, kamu perlu memperbanyak gerak tubuh. Jika kamu orang yang sibuk, sebisa mungkin untuk membuat jadwal olahraga, seperti jogging. Dengan adanya olahraga di agenda harianmu, setidaknya akan membantu untuk memberikan kebugaran dan melancarkan sistem kesehatan tubuh kamu.


3. Rajin mengonsumsi air mineral


Tahukah kamu? Tubuh memelurkan asupan air yang cukup. Setidaknya tubuh memelukan asupan air sebanyak 2 liter perharinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan pernyerapan makanan, sirkulasi, ginjal, dan mempertahankan suhu tubuh yang normal.


4. Mengonsumsi vitamin dan fermentasi secara teratur


Jika kamu memiliki aktivitas yang padat, vitamin tambahan menjadi solusi untuk menjaga kebugaran tubuh. Konsumsi vitamin yang sekiranya memang dibutuhkan oleh tubuhmu.Agar tidak salah kaprah, kamu bisa berkonsultasi dahulu dengan ahli gizi.


Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kesehatan pencernaan terutama di usus. Usus bisa menyimpan banyak bakteri, baik itu bakteri sehat maupun bakteri berbahaya. Agar bakteri tidak menimbulkan gangguan pada tubuhmu, kamu bisa mengonsumsi minuman atau makanan fermentasi.


5. Berjemur di bawah sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D


Anjuran berjemur di bawah sinar matahari bukan tanpa alasan. Sinar matahari memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Selain membantu meningkatkan produksi vitamin D, sinar matahari juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kuliatas tidur, mengatasi penyakit kulit, mencegah depresi hingga menekan risiko kanker. Tapi ingat, sinar matahari yang baik itu hanya pada waktu pagi hari saja ya.


Tidak perlu modal banyak untuk memulai hidup sehat. Bahkan kamu bisa mulai hari ini juga. Yuk mulai hidup sehat agar tubuh kamu bisa tetap fit dan tidak gampang terkena virus dan penyakit.