Kabar Gembira! Fitur Panggilan Suara dan Video Akan Hadir di WhatsApp Web

Info • 22 Oktober 2020

WhatsApp versi web akan segera kedatangan fitur baru yang sudah cukup lama dinanti oleh para pengguna. Fitur tersebut memungkinkan pengguna WhatsApp Web melakukan panggilan suara dan video langsung dari layar komputer.


Menurut bocoran dari situs WABetaInfo, fitur panggilan suara dan video call ini sudah bisa dicoba di WhatsApp Web versi 2.2043.7. Karena masih dalam tahap pengembangan, untuk saat ini tidak semua pengguna dapat mencicipi fitur baru tersebut.


WABetaInfo turut membagikan sejumlah tangkapan layar yang menunjukkan bagaimana cara kerja fitur tersebut. Berdasarkan gambar yang diunggah, terlihat bahwa pengguna WhatsApp Web nantinya akan menjumpai beberapa ikon baru pada bar yang terletak di pojok kanan atas layar. Ikon tersebut serupa dengan ikon yang ada pada aplikasi WhatsApp versi mobile yang berfungsi untuk memulai panggilan suara dan video. Bedanya, saat ini kedua ikon tersebut masih disertai dengan label “Beta”.


Ketika ada panggilan masuk, pengguna WhatsApp Web akan mendapati sebuah jendela (pop-out) yang muncul. Jendela tersebut menampilkan pilihan yang memungkinkan pengguna untuk menerima atau menolak panggilan suara dan video call. Tampilannya mirip dengan versi mobile. Ketika pengguna melakukan panggilan kepada pengguna WhatsApp lainnya, maka akan muncul jendela kecil yang menunjukkan status panggilan.


Dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Rabu (21/10/2020), selain mendukung panggilan suara dan video call, fitur baru tersebut kabarnya juga akan bisa digunakan untuk panggilan grup.


Belum diketahui secara pasti berapa banyak kapasitas yang akan tersedia pada panggilan grup tersebut. Namun, kemungkinan besar fitur group call WhatsApp Web hanya dapat menampung delapan pengguna sekaligus. Sebab, WhatsApp Web saat ini juga memiliki fitur Messenger Rooms, yang mampu mampu mengakomodasi video call hingga 50 peserta sekaligus.


Belum ada kabar pasti kapan WhatsApp akan resmi meluncurkan fitur ini. WABetaInfo memprediksi bahwa pengguna sudah dapat mencicipi fitur baru tersebut dalam beberapa pekan ke depan.


Sumber: Kompas.com