Ketahui 5 Keutamaan di Bulan Ramadhan

Jum'at Barokah • 24 April 2020

Setiap ibadah memiliki keutamaannya tersendiri. Termasuk pada bulan ramadhan. Hal ini tentunya bisa menjadi penyemangat bagi kita untuk senantiasa memperbanyak ibadah, terutama di bulan suci yang penuh berkah ini.


Sebagian dari kita bertanya, mengapa bulan suci ramadhan ini begitu istimewa selain berpuasa yang termasuk dalam rukun islam yang ke tiga? Untuk mendapatkan jawabannya, pertama kita harus mengetahui keutamaannya. Apa saja itu? Simak 5 keutamaan yang ada di bulan ramadhan berikut ini.


1. Bulan diturunkannya Al-Qur’an


Bulan ramadhan merupakan bulan dimana pertama kali diturunkannya Al-Qur’an dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul Izzah (langit dunia). Dan kala itu, Al-qur’an diturunkan pada malam Lailatul Qadar. Tujuan diturunkannya Al-Qur’an adalah sebagai petunjuk menuju jalan yang benar bagi umat manusia. Allah SWT berfirman yang artinya, “Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).


Dengan turunnya Al-Qur’an menambah bukti bahwa bulan Ramadhan penuh dengan kemuliaan dan keutamaan.


2. Bulan penuh keberkahan


Bulan Ramadhan juga dikenal dengan bulan Syahrun Mubarak. Hal ini diperkuat dengan sabda Rasulullah SAW, “Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian.” (HR Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).


Selama bulan ramadhan, setiap ibadah yang dilakukan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah. Sesuai dengan sabda Rasulullah, “Setiap amal yang dilakukan oleh anak Adam adalah untuknya, dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipat bahkan sampai tujuh ratus kali lipat. Allah SWT. berfirman: Kecuali puasa, itu untuk-Ku dan Aku yang langsung membalasnya. Karena sesungguhnya ia telah meninggalkan syahwar, makan dan minumnya karena-Ku.” (HR Muslim).


3. Bulan yang terdapat malam Lailatul Qadar


Selain sebagai malam diturunkannya Al-Qur’an, Lailatul Qadar juga dikenal dengan “malam yang diberkahi”. Disebutkan bahwa malam ini lebih baik daripada seribu malam. Lailatul Qadar hanya ada pada bulan Ramadhan. Salah satu riwayat mengatakan, “Maka carilah oleh kalian pada sepuluh malam terakhir” (HR Muslim & Abu Daud). Untuk mendapatkan keberkahan Lailatul Qadar, maka umat muslim dianjurkan untuk lebih memperbanyak ibadah terutama di sepuluh malam terakhir.“Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).


4. Bulan pengampunan dosa


Dikarenakan penuh dengan keberkahan, maka bulan ramadhan menjadi momentum bagi kita untuk menghapus dosa yang selama ini pernah kita perbuat dengan cara memperbanyak ibadah, salah satunya dengan berpuasa, shalat tarawih dan shalat witirRasulullah SAW bersabda yang artinya, “Barang siapa yang berpuasa Ramadan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim).


5. Bulan dimana pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup


Pada bulan ramadhan, diketahui bahwa pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka ditutup, serta setan-setan dibelenggu. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW yang artinya, “Ketika masuk bulan Ramadhan maka setan-setan dibelenggu, pintu-pintu surga dibuka, dan pintu-pintu neraka ditutup.” (HR Bukhari dan Muslim).


Ada berbagai pendapat mengenai hadist ini. Ada yang menafsirkannya secara harfiah. Namun ada juga yang menafsirkannya bahwa seorang muslim dianjurkan untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah dan menjauhkan diri dari sifat tercela.


Setelah mengetahui keutamaannya, alangkah baiknya untuk menjadikan hal tersebut menjadi motivasi agar kita lebih bersemangat untuk beribadah dan mengingat Allah SWT. Semoga di bulan suci ini kita terus mendapat berkah dari-Nya dan mencapai kemenangan di bulan berikutnya, aamiin.