Klaim Token Listrik Gratismu di BukaKios Untuk Pelanggan 450 VA dan 900 VA!

Info Tutorial • 10 April 2020

Selasa (31/3) lalu, pemerintah pusat dengan menggandeng PLN mengumumkan kebijakan pembebasan serta mensubsidi 50% tarif listrik untuk pelanggan dengan daya 450 VA dan 900 VA. Dengan keluarnya kebijakan ini, diharapkan bisa membantu mengurangi beban masyarakat yang kurang mampu di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.


Pelanggan 450 VA yang mendapat pembebasan tarif berjumlah sekitar 24 juta rumah tangga. Sedangkan pelanggan 900 VA yang mendapatkan subsidi tarif 50% berjumlah sekitar 7 juta rumah tangga. Pembebasan dan subsidi ini akan berlangsung selama tiga bulan, yaitu dari bulan April, Mei, hingga Juni 2020.


Sebagai informasi, tidak semua pelanggan yang dapat merasakan kebijakan ini. Berikut jenis pelanggan yang termasuk dalam kebijakan pembebasan dan subsidi tarif listrik.


  1. R1/450 VA (gratis)
  2. R1/900 VA (subsidi 50%)

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk pelanggan bersubsidi atau bukan, silahkan cek struk pembayaran atau pembelian token listrik sebelumnya. Lihat pada kolom Tarif/Daya. Jika tertera R1, maka kamu termasuk dalam list pelanggan yang mendapat keringanan. Sedangkan jika tertera R1M, maka kamu tergolong pelanggan yang mampu dan tidak mendapat keringanan (non-subsidi).


Bagi kamu pelanggan listrik prabayar (menggunakan token), kamu bisa klaim token listrik di www.pln.co.id dan layanan WhatsApp PLN. Selain itu, kini kamu juga bisa klaim token listrik di BukaKios, lho. Tentunya gratis tanpa ada biaya admin! Berikut cara melakukan klaim token gratis di BukaKios untuk pelanggan bersubsidi:


1. Login di aplikasi BukaKios. Jika belum memiliki akun, silahkan buat akun terlebih dahulu.


2. Pilih menu Token Listrik.


3. Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Kemudian tekan tombol Cek Nomor.


4. Akan muncul nama pelanggan beserta nomor token. Jika sudah sesuai, kemudian pilih produk KLAIM TOKEN LISTRIK GRATIS.


5. Layar checkout akan tampil di layarmu. Lakukan pengecekan kembali. Jika sudah sesuai, tekan tombol BELI DAN BAYAR.


6. Tunggu hingga status transaksi sukses.


7. Untuk mendapatkan kode token, masuk ke menu Riwayat > pilih Pemesanan > pilih transaksi KLAIM TOKEN LISTRIK GRATIS terbaru yang sudah kamu lakukan > Temukan kode token di kolom SN.


Diingatkan kembali bahwa TIDAK SEMUA pelanggan bisa melakukan klaim token gratis dan subsidi. Jadi pastikan dahulu apakah kamu termasuk pelanggan bersubsidi dengan cara melihat kembali Tarif/Daya yang kamu gunakan di kertas pembelian token listrik sebelumnya.


Bagi pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, pelanggan akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan.


Selamat menggunakan, sob!