Lakukan 5 Amalan Ini Selama Bulan Ramadhan

Jum'at Barokah • 17 April 2020

Setahun telah berlalu, tiba saatnya Ramadhan kembali hadir. Puji syukur bahwa kita masih diberi kesempatan untuk kembali bertemu dengan bulan suci ini, bulan yang penuh berkah dan dimana pintu neraka ditutup.


Untuk mendapatkan keberkahan itu sendiri, dianjurkan bagi kaum muslimin untuk memperbanyak ibadah selama Bulan Ramadhan. ada beberapa ibadah umum yang biasa kamu dengar namun kaya akan kebaikan di dalamnya. Berikut 5 amalan yang bisa kamu lakukan selama Bulan Ramadhan.


1. Tadarus dan Mengkhatamkan Al-Qur’an Iktikaf


Tadarus merupakan kegiatan mempelajari, meneliti, menelaah, mengkaji, dan mengambil pelajaran dari Al-Qur’an. Kegiatan ini lazim dilakukan terutama selama bulan Ramadhan. Kegiatan ini baik dilakukan dalam suatu majelis sehingga tidak terjadi salah pemaknaan saat mempelajari Al-Qur’an.


Selain itu, kegiatan mengkhatamkan Al-Qur’an juga sering dilakukan karena termasuk ibadah sunnah. Namun kamu tidak diwajibkan, namun tentunya akan lebih baik jika bisa dilakukan untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT.


2. Shalat Tarawih


Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang hanya bisa dilakukan di Bulan Ramadhan. Shalat ini dapat dilakukan setelah shalat isya’ hingga sebelum shalat subuh. Shalat tarawih terdiri 8 atau 20 rakaat, kemudian dilanjutkan shalat witir 3 rakaat. Selain itu, shalat sunnah ini dapat dilakukan secara jamaah atau sendiri.


Mengingat saat ini kita sedang dilanda wabah COVID-19, maka kita semua disarankan untuk melakukan shalat tarawih di rumah masing-masing sesuai dengan peraturan yang dikeluarin Menteri Agama, yaitu Surat Edaran Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H.


3. Memperbanyak sedekah


Sedekah merupakan ibadah yang dapat menyucikan harta dan dirinya sehingga dapat menentramkan hidup, baik jasmani maupun rohani. Selain itu, sedekah juga bisa mendapatkan berkah dari Allah SWT., menjauhkan dari murka Allah SWT., menghindari mati dalam keadaan Suul Khotimah, dan bisa menjadi sebab disembuhkannya suatu penyakit.


Melakukan sedekah di Bulan Ramadhan lebih baik dari bulan lainnya dikarenakan pahala dan keutamaan yang akan didapatkan berkali lipat dari biasanya. Maka dari itu, dianjurkan untuk memperbanyak sedekah selama Bulan Ramadhan.


4. Melakukan Dzikir


Dzikir merupakan kegiatan ibadah dimana kita menyebut atau mengingat Asmaul Husna (nama-nama Allah) atau kalimat-kalimat Toyyibah agar kita senantiasa mengingat Allah SWT.


Ada banyak keutamaan berdzikir, seperti hati menjadi tenang dan tentram, menghapus dosa-dosa, mengusir/menundukkan setan, menghilangkan kesedihan hati, dan cahaya bagi pemiliknya di dunia kubur, dan hari berbangkit.


5. Membayar Zakat


Zakat merupakan sejumlah harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim untuk diberikan ke golongan yang kurang mampu. Termasuk rukun Islam ke-4 yang harus ditegakkan oleh setiap muslim.


Zakat yang biasa dikeluarin saat Bulan Ramadhan adalah zakat fitrah. Zakat ini dikeluarkan saat bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. Zakat fitrah dibayar setara 2,5 kilogram (3,5 liter) makanan pokok dari daerah yang bersangkutan. Dan di Indonesia, nasi merupakan bahan pokok yang paling umum untuk dijadikan alat membayar zakat di Indonesia.