Lakukan 7 Tips Ini Agar Kamu Terhindari dari Virus Corona

Tips • 05 Maret 2020

Dunia digemparkan dengan Virus Corona (COVID-19). Virus ini menular dengan cepat dan saat ini sudah menyebar ke puluhan negara di Dunia. Sebenarnya apa itu Virus Corona? Apa saja gejalanya? Dan bagaimana cara untuk mencegah agar tidak terinfeksi?


Apa itu Virus Corona?


COVID-19 atau yang lebih dikenal dengan nama Virus Corona merupakan virus yang menginfeksi sistem pernafasan. Awalnya virus ini menyebabkan infeksi pernafasan ringan seperti flu. Namun jika fisik korban tidak fit, virus ini bisa menyebabkan infeksi pernafasan berat seperti Pneumonia.


Virus Corona merupakan jenis baru dari Coronavirus. Virus ini pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, pada akhir Desember 2019. Virus ini menyebar sangat cepat di Wuhan, wilayah lain di Tiongkok hingga ke beberapa negara.


Diduga kuat Virus Corona ini bersumber dari hewan liar, yaitu kelelawar dan ular. Virus ini baru ditemukan dikarenakan adanya perubahan perilaku makan yang tidak sehat pada manusia. Dahulunya manusia hanya mengonsumsi sumber makanan yang lazim, seperti sayur, daging ayam, sapi, kambing, dan sebagainya. Seiring berjalanannya waktu, terjadi perubahan gaya hidup baru seperti mengonsumi hewan yang tidak lazim seperti kelelawar dan ular. Sehingga virus ini akhirnya baru dapat berkembang dan menyebar ke manusia.


Cara penularan Virus Corona


Awalnya Virus Corona hanya ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, penelitian menemukan fakta bahwa virus ini dapat menular dari manusia ke manusia.


Seseorang dapat terinfeksi Virus Corona jika:


1. Melakukan kontak fisik dengan penderita COVID-19

2. Tidak sengaja terkena cipratan cairan yang berasal dari tubuh penderita COVID-19, seperti ciptran ludah dari batuk dan bersin.

3. Menyentuh mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu setelah menyentuh benda yang permukaannya terdapat cairan tubuh penderita COVID-19.


Virus Corona bisa menginfeksi siapa saja, terlebih lagi bagi lansia, orang sakit, orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah, dan orang yang memiliki riwayat penyakit pernafasan.


Gejala Infeksi Virus Corona


Seseorang akan dicurigai terinfeksi Virus Corona jika mengalami gejala seperti berikut ini:


1. Demam

2. Batuk, pilek

3. Gangguan pernafasan

4. Sakit tenggorokan

5. Letih, lesu


Tips Pencegahan Agar Terhindari Dari Virus Corona


Virus Corona masih dapat dicegah oleh kita yang belum terinfeksi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut tips agar kamu terhindari dari infeksi Virus Corona.


1. Sering mencuci tangan menggunakan sabun. Jika sedang berada dalam wilayah yang sulit air, kamu bisa menggunakan Hand Sanitizer sebagai alternatif.

2. Gunakan masker bila batuk atau pilek. Jika tubuh dalam kondisi sehat, cukup gunakan masker saat kamu bepergian ke luar rumah.

3. Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang dan multivimin tambahan. Akan lebih baik lagi jika dibarengi dengan mengonsumsi sayur dan buah.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang mentah dan setengah matang.

5. Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

5. Hati-hati kontak dengan hewan terutama dengan hewan liar. Jika kamu memiliki hewan peliharaan, kamu bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya dengan memberikan vitamin tambahan.

6. Hindari melakukan perjalanan ke luar negeri terutama ke negara yang sudah dinyatakan terinfeksi Virus Corona.

7. Jika mengalami gejala terinfeksi Virus Corona dan baru melakukan perjalanan dari negara yang positif terinfeksi, segera periksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.


Kamu tidak perlu khawatir dengan virus ini. Menurut organisasi kesehatan dunia (World Health Organization/WHO), tingkat kematian karena infeksi Virus Corona tergolong rendah, yaitu 2-5%. Ditambah lagi, virus ini bisa mati dengan sendirinya jika orang yang terinfeksi memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Jadi pastikan kamu untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit.


Berhenti panik dan ayo mulai gaya hidup sehat!