Perbedaan Kuota Lokal dan Nasional, Wajib Tahu!

Info • 09 Juli 2020

Saat kamu membeli kuota internet, kamu pasti tidak asing dengan istilah kuota lokal dan kuota nasional. Dan saat menggunakannya, terkadang ada kuota yang tidak bisa dipakai. Sebenarnya apa itu kuota lokal dan kuota nasional dan bagaimana mekanismenya?


Pengertian kuota lokal dan kuota nasional


Kuota lokal merupakan kuota yang hanya bisa digunakan di wilayah dimana paket itu diaktifkan. Misalkan, jika kamu membeli kuota internet dan mengaktifkannya di Bandung, maka kuota lokal yang diperoleh hanya bisa digunakan selama kamu masih di Bandung. Namun, bila kamu bepergian ke daerah lain, maka kuota lokal tidak akan bisa digunakan. Satu-satunya cara untuk bisa menggunakannya kembali yaitu kamu harus berada di wilayah Bandung.


Sedangkan kuota nasional atau juga sering disebut kuota utama, reguler, dan flash merupakan kuota asli dari paket internet. Kuota ini bisa digunakan di seluruh wilayah di tanah air asalkan daerah tersebut memiliki jaringan seluler. Misalkan, kamu membeli dan mengaktifkan kuota internet di Pekanbaru. Kemudian melakukan bepergian ke daerah lain. Maka paket nasional masih bisa digunakan selama daerah yang dikunjungi memiliki jaringan seluler.


Jadi apa perbedaannya antara kuota lokal dan kuota nasional?


Pertama, kuota lokal hanya bisa digunakan di lokasi tertentu. Sedangkan kuota nasional bisa digunakan di seluruh tanah air.


Kedua, kuota lokal jauh lebih murah dan kuota lebih banyak. Sedangkan kuota nasional terkesan lebih mahal dan kuotanya lebih sedikit.


Ketiga, kuota lokal merupakan kuota bonus sebuah paket ienternet. Sedangkan kuota nasional merupakan kuota asli paket tersebut.


Dan keempat, kuota lokal akan aktif dan terpakai lebih dulu jika berada dalam zona aktivasi. Sedangkan kuota nasional baru bisa digunakan jika kuota lokal sudah habis atau kamu sedang berada di luar zona aktivasi kuota.


Walaupun kedua paket dibedakan berdasarkan kebijakan perusahaan provider, namun bukan berarti layanan yang bisa dirasakan akan berbeda. Kuota lokal dan kuota nasional sama-sama bisa digunakan secara normal, baik untuk browsing, streaming video, chatting, download, dan lain-lain.


Jika ditanya manakah yang lebih baik, maka kembali lagi ke kamu dengan menyesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu tipe yang ingin paket murah dan jarang bepergian ke daerah lain, maka kuota lokal akan lebih cocok untukmu. Namun jika kamu seseorang yang lebih sering bepergian, akan lebih baik untuk membeli paket nasional agar aktivitas internetanmu tidak terganggu.