Seberapa Penting Laporan Keuangan Bagi Penjual Pulsa?

Info • 31 Agustus 2020

Munculnya penjual pulsa di setiap sudut menandakan bahwa kehadirannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Pulsa sudah menjadi kebutuhan primer demi menjalin komunikasi dengan orang yang terpisah jarak. Kehadiran penjual pulsa tentu akan membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan tersebut.


Melihat tingginya minat masyarakat juga menjadi penanda bahwa bisnis berjualan pulsa memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan keuntungan lebih. Ditambah lagi jika dibarengi dengan strategi seperti penempatan konter di area berpotensi dan rajin melakukan pemasaran. Tingginya effort yang diberikan akan berbanding lurus dengan keuntungan yang akan didapatkan.


Agar bisnis pulsa dapat berkembang, dibutuhkan beberapa bagian pendukung. Sehingga bisnis yang dikembangkan dapat berjalan secara sehat dan berkembang terus menerus. Salah satunya adalah dengan membuat laporan keuangan bisnis pulsa.


Laporan keuangan merupakan informasi mengenai keuangan pada suatu bisnis atau perusahaan. Laporan keuangan merupakan salah satu bagian penting dari suatu bisnis. Mengapa laporan keuangan dinilai begitu berharga bagi bisnis? Berikut beberapa alasannya.


1. Mengetahui perputaran uang bisnis


Hadirnya laporan keuangan sangat berguna untuk bisnis pulsa. Dari laporan ini, dapat diketahui bagaimana perputaran uang selama menjalankan bisnis, seperti kemana saja uang mengalir, untuk apa, berapa jumlahnya, dan berapa sisa saldo yang tersisa.


Jika laporan tidak ada, bisa dibayangkan betapa kacaunya bisnis, kan? Bisa-bisa uang bisnis pulsa tercampur dengan uang pribadi dan perputaran uang menjadi stagnan atau bahkan menurun.


2. Pedoman untuk mengetahui kinerja dan kondisi keuangan bisnis


Setelah menjalankan bisnis beberapa waktu, mulailah untuk mengecek kembali laporan. Periksa bagaimana proses perputaran keuangannya. Dari sini dapat diketahui apakah kinerja bisnismu membaik atau justru sebaliknya. Dari laporan ini kamu bisa menentukan langkah apa yang selanjutnya harus diambil untuk meningkatkan peforma bisnis.


3. Mengetahui jumlah keuntungan


Selain modal untuk bisnis, laporan keuangan juga bisa membantumu untuk melihat seberapa besar keuntungan yang sudah diperoleh. Kamu bisa cek jumlah keuntunganmu secara harian, mingguan, bahkan bulanan. Keuntungan ini bisa kamu sisihkan untuk diambil pribadi atau ditambahkan ke modal kembali sehingga jumlah modal sebelumnya bisa bertambah dan bisa membantu mengembangkan bisnis.


4. Sebagai bahan evaluasi


Laporan keuangan memiliki peranan penting, salah satunya sebagai bahan evaluasi. Setelah melihat bagaimana perputaran keuangan, peforma bisnis, dan jumlah keuntungan yang diperoleh, maka perlu dilakukan evaluasi. Dari evaluasi ini dapat ditentukan langkah apa yang harus diambil kedepannya agar bisnis tetap berjalan. Dan tentunya menentukan strategi apa yang baik untuk membantu meningkatkan peforma.


Laporan keuangan memang mempunyai fungsi yang cukup vital untuk bisnis pulsa. Jadi sudah seharusnya penjual mempunyai laporan keuangan demi kemajuan bisnis yang dijalaninya. Namun pastikan selalu membuat laporan setiap ada perputaran keuangan dan data yang dimasukkan valid. Sehingga saat pengambilan keputusaan setelah evaluasi bisa berpengaruh ke perkembangan bisnis.