Tidak Ingin Baterai Ponsel Cepat Habis? Hindari Berlama-lama Menggunakan 4 Aplikasi Ini

Info • 20 Oktober 2020

Baterai smartphone yang cepat habis tentunya akan membuat kesal. Terutama ketika sedang berada di luar rumah, dan membutuhkan smartphone tentunya akan sangat merepotkan. Baterai smartphone bisa cepat habis disebabkan karena aplikasi yang ada di dalamnya. Dilansir dari Bobo, ternyata ada 4 aplikasi yang bisa menyebabkan baterai smartphone cepat habis. Apa saja itu?


Tik Tok


Siapa yang sudah mencoba membuat video dengan menggunakan aplikasi Tik Tok? Aplikasi yang sedang banyak digunakan ini ternyata tidak hanya membuat baterai smartphone jadi boros, tetapi juga menguras RAM. Sebab saat menggunakan aplikasi Tik Tok kamu harus mengaktifkan kamera dan internet secara bersamaan. Bahkan walaupun hanya sekedar melihat-lihat timeline, aplikasi ini akan tetap mengurangi daya baterai dengan cepat.


Instagram


Instagram merupakan salah satu aplikasi yang sering digunakan. Media sosial yang satu ini memungkinkan pengguna berbagi foto bahkan video kepada siapapun di seluruh dunia dan menggunakan berbaga filter menarik untuk membuat cerita di Instagram.


Sayangnya, aplikasi media sosial satu ini juga termasuk boros baterai. Melakukan akses pada foto dan video menggunakan Instagram akan membuat smartphone boros baterai dan kuota. Namun jangan khawatir, kamu bisa membatasi penggunaan Instagram dengan mengatur waktu penggunaannya. Bahkan kamu juga bisa mengaktifkan pengingat kalau sudah mencapai waktu yang diinginkan. Hal ini akan membantu untuk menghemat baterai dan kuota internet.


Google Maps


Aplikasi lainnya yang juga membuat baterai smartphone cepat habis adalah Google Maps. Hal tersebut disebabkan karena saat menggunakan Google Maps, fitur GPS harus aktif untuk melacak lokasi yang akan dituju. Untuk mengurangi pemborosan baterai, kamu harus mengunduh terlebih dahulu rute tujuan agar bisa menggunakan dan melacak lokasi secara offline.


Facebook


Pengunaan media sosial dengan pengguna terbanyak di seluruh dunia ini ternyata bisa menjadi salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis. Penyebabnya karena Facebook merupakan aplikasi yang punya banyak fitur dan konten seperti tulisan, foto, hingga video. Makanya saat mengakses Facebook terlalu lama, baterai akan cepat habis. Kalau kamu tetap ingin mengakses Facebook tanpa takut menguras baterai, maka bisa coba aplikasi Facebook Lite yang lebih hemat baterai.