Tips Memilih Provider Internet Agar WFH Lebih Produktif

Tips • 07 Oktober 2020

Masa pandemi virus Corona masih mengharuskan kita untuk melakukan protocol kesehatan dan salah satu yang menuntut kita tetap produktif adalah melalui Work from Home (WFH).


Aktifitas yang satu ini sekarang menjadi budaya baru dan memerlukan sarana penunjang yang memadai yaitu jaringan internet.


Dengan kebutuhan koneksi data internet terutama saat beraktivitas di rumah, diperlukan kecerdasan dalam memilih layanan internet.


Pemilihan provider internet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita juga menentukan kenyamanan kita saat WFH menggunakan internet.


Beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam memilih provider internet:


1. Kecepatan


Pastikan kecepatan yang kita butuhkan sesuai dengan yang disediakan oleh provider internet.


Sebagai contoh, suatu provider memiliki kecepatan 20 Mbps dan kamu menggunakan ke berbagai gadget maka speed 20 Mbps tersebut akan didistribusikan ke beberapa gadget.

Ini bukan berarti kamu harus memilih provider yang menawarkan bandwidth paling besar. Dalam memilih layanan, kamu perlu mengetahui berapa besar kecepatan yang kamu butuhkan.


2. Stabilitas


Pastikan provider internet yang akan kita gunakan stabil di lokasi yang diinginkan.


Bayangkan jika kita di tengah tengah zoom meeting dan jaringan kita tiba tiba melambat karena tidak stabil, maka meeting pun akan menjadi terhambat.


3. Customer Service


Pastikan anda dapat menghubungi customer service dengan mudah dan lancar karena sejauh ini tidak ada jaringan internet yang 100% tanpa hambatan.


Pasti ada saat dimana mengalami gangguan. Pastikan customer service provider tersebut mudah dihubungi dan benar benar bisa membantu.


Setelah kita mengetahui faktor apa saja yang perlu diperhatikan kita bisa memilih layanan internet yang sesuai dengan kebutuhan kita.


Sumber: Tribunnews.com