Tips Mengatur Keuangan Agar Tidak Boros Selama Ramadhan

Tips • 29 April 2020

Seringkali setelah bulan ramadhan kita akan terkejut bahwa pengeluaran lebih besar dari biasanya. Tentunya ini bisa mengacaukan keuangan bulananmu. Jika tidak disikapi serius, bisa berdampak buruk ke keuangan di bulan-bulan selanjutnya, lho.


Penyebab paling umum yang membuat pengeluaran membengkak adalah faktor lapar mata. Suka atau tidak suka, kita pasti pernah mengalami ini. Mulai dari membeli takjil diluar target, buka bersama dengan keluarga dan teman, hingga membeli kebutuhan untuk lebaran.


Agar bulan ramadhan kali ini tidak terkena jebakan menahun lagi, kamu harus mulai peka dan membuat planing mengenai keuangan khusus bulan Ramadhan. Berikut beberapa tips yang BukaKios sajikan untuk kamu.


1. Membuat rencana anggaran belanja


Untuk amannya, sebaiknya kamu mulai menganggarkan keuangan untuk kebutuhan dapur. Hitung sebaik mungkin, jika ada yang perlu dihemat, kamu bisa hilangkan dari list untuk sementara waktu. Agar kamu tidak bosan dengan makanan berat melulu, kamu bisa memasukkan sedikit anggaran untuk membeli atau membuat takjil.


2. Jangan tergiur barang diskonan


Selain kaya akan keberkahan, bulan ramadhan juga kaya akan barang diskonan, lho! Terutama jika sudah mendekati hari raya Idul Fitri, diskonnya semakin menggila! Agar belanja kamu bisa dikontrol, sebaiknya atur anggaran khusus untuk kebutuhan hari raya. Kurangi membeli barang yang sebenarnya sudah kamu miliki apalagi masih layak pakai, seperti sepatu dan baju.


3. Hindari mengambil dana darurat


Besarnya pengeluaran bulan ramadhan bukan berarti kamu lengah dan mengambil uang dari berbagai sumber. Hindari menggunakan dana darurat. Pastikan dana darurat digunakan untuk kondisi genting. Tidak ada yang tahu kan kedepannya bagaimana? Jadi pastikan dana darurat tidak digunakan sekecil apapun itu.


4. Catat pengeluaran untuk mengontrol dan evaluasi keuangan


Setelah belanja, pastikan kamu mencatat seluruh pengeluarannya. Ini perlu dilakukan agar kamu lebih mudah mengevaluasi pengeluaran. Jika ada yang tidak sesuai, kamu bisa mengambil langkah lain agar keuangan kamu tidak berantakan.


5. Siapkan anggaran untuk sedekah dan zakat


Karena ini bulan penuh berkah, jangan sampai anggaran untuk ibadah terlupakan! Siapkan anggaran khusus untuk bersedekah dan membayar zakat. Selain membuat puasa kamu jauh lebih bermakna, tentunya ini menjadi langkah untuk membersihkan harta yang selama ini sudah kamu peroleh. Ingat, ganjaran yang akan kamu peroleh dengan beribadah di bulan ini akan dilipatkan gandakan, lho!


Agar tips diatas berhasil, tentunya kamu harus konsisten saat melakukannya, ya. Selamat mencoba!