Tips Menghindari Penipuan Oknum Online Shop

Tips • 27 Februari 2020

Industri e-commerce di Indonesia terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hal ini sebabkan tingginya minat masyarakat dikarenakan adanya kemudahan saat menggunakan layanan belanja online. Selain menghemat waktu dan tenaga, masyarakat juga bisa menghemat pengeluaran karena bisa mendapatkan harga produk yang lebih murah dari harga di pasar, swalayan dan mal.


Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Perusahaan teknologi e-commerce, SIRCLO, rata-rata setiap orang konsumen di Indonesia dapat berbelanja di marketplace sebanyak 3-5 kali dalam sebulan, dan menghabiskan hingga 15% dari pendapatan bulanannya.


Namun meningkatnya daya beli masyarakat ternyata tidak berbanding lurus dengan pengetahuan terhadap belanja online. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kasus penipuan yang terjadi dikarenakan kurang awasnya pembeli terhadap penipuan berkedok online shop. Kerugian yang dialami bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah.


Demi meminimalisir terjadinya penipuan, pembeli harus dibekali pengetahuan berbelanja online. Untuk itu, BukaKios memberikan tips mudah bagaimana menghindari penipuan oleh oknum online shop.


1. Tahu harga pasaran barang yang ingin dibeli, jangan tergiur harga murah


Jika kamu ingin membeli barang. Pastikan kamu mengetahui harga pasarannya. Caranya gampang, pertama kamu cari tahu dulu ke website resminya. Jika sudah, kamu bisa cek di salah satu marketplace nasional. Memang harganya akan lebih murah, tapi nominalnya tidak akan jauh beda dengan harga resmi kok.


Namun hindarilah harga barang yang kelewat murah. Karena ini cara paling ampuh bagi penipu untuk menarik korbannya. Jangan percaya walau mereka mengatakan sepert ‘cuci gudang’, ‘harga modal’, dan ribuan alasan lainnya.


2. Check and re-check online shop


Kamu bisa cek bagaimana pergerakan transaksinya. Akan lebih gampang jika kamu bertransaksi di marketplace karena di sana kamu akan diberikan informasi tentang berapa jumlah transaksi yang sudah berhasil dilakukan. Kemudian kamu juga bisa cek rating toko tersebut berdasarkan review yang diberikan oleh pembeli yang sudah pernah berbelanja di sana. Jika ratingnya buruk, sebaiknya hindari untuk bertransaksi di took tersebut.


3. Jangan sungkan untuk meminta foto asli produk


Biasanya penjual akan memberikan foto produk internet untuk menarik pembelinya. Namun ini juga menjadi kesempatan bagi penipu. Dengan meletakkan foto barang secantik mungkin, mereka berharap ada korban yang terjerat. Untuk itu, jangan sungkan untuk meminta foto aslinya ke penjual agar kamu tahu bentuk fisik asli barang yang ingin dibeli.


4. Simpan semua bukti transaksi dan minta resi pengiriman


Sebagai antisipasi jika terkena penipuan, simpan semua bukti transaksi. Bukti bisa berupa isi chat dan bukti pembayaran.


Jika kamu sudah berhasil melakukan pembayaran, segera minta resi pengiriman. Umumnya, penjual akan mengirim barang maksimal 1-2 hari setelah kamu melakukan pembayaran. Jika sudah diberi resi, segera lakukan pengecekan ke tracking ekspedisi terkait untuk melihat pergerakan pengiriman pesananmu.


5. Gunakan rekening bersama


Ini cara paling ampuh untuk meminimalisir penipuan. Kamu bisa gunakan rekening bersama sebagai tujuan pembayaran. Sistemnya, pemilik rekening bersama akan mengirimkan uang yang kamu transfer ke penjual jika transaksi sudah dinyatakan berhasil dan barang yang kamu terima sesuai pesanan.


Namun pastikan pemilik rekening bersama adalah orang terpercaya ya. Jika kamu ragu dengan rekening bersama atas nama pribadi, kamu bisa minta penjual untuk bertransaksi di marketplace nasional. Jika kamu sudah berhasil checkout, pastikan kamu membayar pesananmu ke rekening atas nama marketplace terkait. Jangan lakukan pembayaran selain dengan cara yang dianjurkan oleh pihak marketplace.


Walaupun banyak kemudahan yang didapatkan saat berbelanja online, namun kamu tetap harus waspada agar tidak terkena penipuan. Jika kamu masih takut, kamu bisa meminta bantuan kenalanmu yang sudah ahli berbelanja online. Selamat berbelanja dan tetap awas ya, sob!