Tips Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Tips • 25 September 2020

Membangun bisnis besar memerlukan modal dan usaha yang besar. Selain itu diperlukan waktu yang lama hingga mencapai puncak kesuksesan. Setelah mencapai hal tersebut, tugas seorang penjual selanjutnya adalah menjaga agar keberlangsungan bisnis tetap terjaga. Namun banyak yang tidak menyadari bahwa menjaga keberlangsungan bisnis tersebut tidak kalah sulit seperti melakukan pengembangan dari awal pembentukan bisnis. Sehingga bisnis yang awalnya berjalan dengan baik tiba-tiba bisa tumbang di tengah jalan.


Untuk memastikan agar bisnis tetap berjalan, salah satu caranya adalah menjaga kepercayaan pelanggan. Seperti yang sering didengar, pelanggan adalah ‘raja’. Bisnis tidak akan besar jika tidak didukung oleh para pelanggannya. Untuk itu, penting bagi seorang penjual untuk menjaga kepercayaan pelanggan agar mereka selalu berlangganan di konternya. Bagaimana caranya? Berikut tips menjaga kepercayaan pelanggan.


1. Menjaga kualitas produk


Untuk memastikan agar pelanggan senang, pastikan kualitas produk yang kamu sediakan terjaga. Artinya, produk yang kamu miliki tidak memiliki masalah, seperti kecepatan transaksi produk sampai ke pelanggan dan tidak ada voucher rusak saat dilakukan klaim. Jika terlalu sering memiliki masalah pada produk, pelanggan akan merasa tidak nyaman dan akhirnya perlahan mulai meninggalkan kontermu.


2. Memberikan pelayanan maksimal


Pelayanan juga menjadi cara dasar untuk mengambil hati pelanggan. Memberikan pelayanan maksimal dan memastikan apa yang dibutuhkannya terpenuhi akan membuat pelanggan merasa nyaman. Jika kamu bingung pelayanan yang baik seperti apa, mulailah dengan yang mudah seperti memberi senyum dan menanggapi pertanyaan dan apa yang diminta pelanggan.


3. Memberikan kelebihan khusus untuk pelanggan setia


Sudah memberikan pelayanan maksimal dan masih merasa belum cukup? Berikan pelayanan spesial untuk pelanggan setiamu. Salah satunya dengan memberi promo atau diskon khusus. Berikan secara berkala, dijamin pelangganmu makin lengket dan susah untuk berpindah hati ke konter lain.


4. Jujur dan transparan terhadap pelanggan


Siapa sih yang tidak kesal kalau dibohongi? Jangan sampai kebiasaan buruk ini juga dilakukan saat menjalankan bisnismu. Membohongi pelanggan seperti menipu soal masa aktif kartu dan jumlah kuota akan membuat pelanggan marah dan tidak akan kembali ke kontermu. Selain itu, kontermu akan dicap buruk oleh pelanggan lainnya dan berujung konter sepi hingga gulung tikar.


Berikan usaha yang maksimal untuk bisnismu sehingga kepercayaan pelanggan terjaga dan bisa mengundang pelanggan baru untuk bertransaksi di kontermu. Semoga berhasil!