Top up Metode Transfer Bank Sering Gangguan? Berikut Penjelasannya

Info • 11 Februari 2020

Jika kamu sering melakukan top up dengan metode pembayaran Transfer Bank, pastinya kamu pernah mengalami kendala lamanya top up masuk ke saldomu. Tentunya muncul pertanyaan “Kenapa sih top up saya telat masuk? Padahal di transfer bank sudah dinyatakan berhasil dan saldo saya di bank terkait sudah terpotong”. Nah, kali ini kami akan menjelaskan kenapa sering terjadi gangguan saat top up terutama pada metode pembayaran Transfer Bank.


Sebelum masuk ke penjelasan gangguan, kami ingin menginformasikan nama bank yang tersedia pada metode pembayaran Transfer Bank.


  1. BCA
  2. BRI
  3. Bank Mandiri
  4. BNI

Jika kamu melakukan top up dengan metode Transfer Bank, pastikan tujuan transfer hanya ke empat bank di atas. Kemudian, pastikan juga pemilik rekening atas nama PT. Aplikasi Kreasi Indonesia.


Kenapa Top Up di BukaKios sering gangguan?


Transfer bank merupakan metode pembayaran yang paling digemari oleh pengguna BukaKios. Simpelnya, metode ini paling populer dikarenakan tidak adanya fee atau biaya admin yang dikenakan saat melakukan top up. Namun, dengan kelebihan yang diberikan juga akan dibarengi dengan kelemahan yang tentunya pasti pernah kamu rasakan:


  1. Top up menunggu 1-10 menit hingga proses berhasil
  2. Sering terjadi gangguan bank

Poin 2 merupakan poin yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna BukaKios. Seperti yang disebutkan di awal artikel, pengguna mengeluhkan saldonya di rekening sudah terpotong namun top up di BukaKios belum kunjung berhasil. Sebenarnya apa yang terjadi? Dan apakah tidak bisa diusahakan agar lebih cepat untuk diproses?


Penyebab utama masalah ini adalah seringnya terjadi gangguan pada jaringan Internet Banking pada bank terkait. Sebagai informasi, khusus untuk rekening yang mengatasnamakan perusahaan, mutasi hanya bisa dilihat di Internet Banking, bukan Mobile Banking (M-Banking). Hingga saat ini, M-Banking untuk tipe rekening perusahaan belum tersedia kecuali BRI. Walau begitu M-Banking BRI pun juga sering mengalami gangguan sehingga tim approval kesulitan untuk melihat mutasi bank.


Namun begitu, top up masih bisa diproses saat terjadi gangguan. Lamanya proses top up saat gangguan berkisar antara 30 menit hingga 2 jam. Namun jika terjadi gangguan yang lebih parah, maksimal lama prosesnya adalah 1×24 jam.


Jika kamu melakukan top up di waktu yang kebetulan terjadi gangguan, segera hubungi BukaKios Care di Live Chat dengan melampirkan bukti pembayaran. Kemudian tunggu hingga status tiket top up menjadi sukses. Namun perlu diingat, top up bisa diproses secara manual jika kamu melampirkan bukti pembayaran. Jika kamu tidak memiliki bukti tersebut, top up kamu tidak akan bisa diproses. Jadi pastikan kamu menyimpan bukti pembayaran hingga top up kamu benar-benar sudah dinyatakan berhasil ya!