Verifikasi Akun Belum Diproses Setelah 2 Hari Pengajuan? Hubungi BukaKios Care di Live Chat

Fitur Info • 05 Januari 2021

Sebagai pengguna aplikasi BukaKios, sudahkah kamu melakukan verifikasi akun? Atau bahkan belum mengetahui apa itu verifikasi akun? Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang verifikasi akun BukaKios, yuk cari tahu pada penjelasannya di bawah ini.

  • Apa itu Verifikasi Akun?

Verifikasi akun merupakan langkah registrasi dengan melakukan pemeriksaan data yang berikan pengguna untuk mendapatkan status sebagai pengguna BukaKios yang telah terverifikasi.


Verifikasi akun sangat penting untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan BukaKios. Terdapat dua fungsi utama verifikasi akun:


  1. Meningkatkan keamanan, sebab akun akan jadi lebih mudah teridentifikasi kepemilikannya berdasarkan data identitas yang diberikan pengguna.
  2. Meningkatkan level akun, semakin tinggi level akun yang dimiliki maka semakin banyak keuntungan yang diberikan.

Terdapat tiga level akun di BukaKios: Level 1 (Basic), Level 2 (Standard), Level 3 (Premium). untuk syarat dan keuntungan yang didapatkan di setiap levelnya, kamu bisa cek di artikel berikut: Penjelasan level akun di BukaKios. Untuk mengetahui level akunmu saat ini, silahkan cek di laman profil > level akun.


Untuk proses verifikasi nomor hp dan e-mail, kamu bisa melakukannya <5 menit. Sedangkan untuk proses verifikasi identitas membutuhkan waktu maksimal 2 x 24 jam kerja.


Lalu apa saja syarat untuk mengajukan verifikasi identitas?


  1. Foto kartu identitas (KTP, SIM, atau kartu pelajar)
  2. Foto selfie sambil memegang kartu identitas dan kertas bertuliskan verifikasi Bukakios & nama kakak di bawahnya (untuk contoh foto kamu bisa melihat di laman verifikasi identitas)
  • Sudah mengajukan verifikasi identitas lebih dari 2 hari tapi masih belum terproses?

Saat melakukan verifikasi identitas, terdapat beberapa hal yang perlu diketahui:


  1. Pengguna akan mendapatkan notifikasinya melalui SMS jika verifikasi identitas berhasil atau gagal.
  2. Beberapa penyebab verifikasi gagal:
    a. Foto yang diunggah tidak jelas
    b. Foto tidak memenuhi ketentuan
  3. Kamu dapat mengajukan verifikasi identitas kembali setelah mendapatkan notifikasi gagal melalui SMS.

Namun jika saat melalukan verifikasi identitas terjadi masalah (foto tidak dapat diupload, aplikasi force close saat perngajuan verifikasi, dll), kamu tidak perlu khawatir. Setelah mencoba beberapa kali dan tetap tidak bisa melakukan verifikasi identitas, kamu dapat meminta bantuan kepada BukaKios Care di Live Chat.


Silahkan sampaikan kendala yang kamu alami saat pengajuan verifikasi dan minta untuk verifikasi manual dengan menyertakan foto syarat verifikasi identitas. Nantinya BukaKios Care akan membantu kamu untuk verifikasi identitas. Setelah itu silahkan tunggu maksimakl 2 x 24 jam kerja. Jika verifikasi telah berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi melalui SMS.


Jika ada hal mengenai verifikasi akun yang ingin kamu tanyakan, silahkan hubungi BukaKios Care di Live Chat pada pukul 07.00 – 22.00 WIB. Tim kami akan senantiasa membantu menjawab pertanyaan kamu hingga tuntas.