Virtual Photoshoot, Tren Baru Fotografi di Tengah Pandemi COVID-19

Trend • 12 Mei 2020

Pembatasan ruang gerak memberi banyak waktu luang bagi sebagian besar orang. Seiring mencari kesibukan dan beradaptasi dengan kondisi saat ini, mulai bermunculan inovasi. Salah satunya virtual photoshoot, tren baru fotografi yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan netizen.


Virtual photoshoot merupakan teknik pemotretan yang dilakukan secara online. Fotografer tidak perlu repot untuk berjumpa dengan klien secara langsung. Cukup melalui video call, pemotretan dapat dilaksanakan.


Untuk melakukan virtual photoshoot, diperlukan beberapa komponen, seperti gadget untuk melakukan video call, sinyal internet yang kuat dan stabil, beberapa pernak pernik sebagai camera hack, dan tentunya kamera sebagai alat utama pemotretan.


Dengan kemudahan yang diberikan, banyak netizen yang mulai mencoba. Ditambah lagi dengan munculnya beberapa artis yang mengunggah foto hasil virtual photoshoot di media sosial mereka, seperti Afgan, Luna Maya, hingga Raisa. Hasil foto yang ciamik dan proses pemotretan yang unik menjadikan virtual photoshoot mulai dilirik banyak pihak.


Tingginya minat masyarakat terhadap virtual photoshoot pun memberikan secercah harapan bagi para fotografer. Melalui tren ini, akhirnya mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan di tengah pandemi COVID-19.


Asal Muasal Virtual Photoshoot


Tren pemotretan ini berawal dari salah satu fotografer terkemuka asal Florida, Kareem Virgo. Ia mengaku kehilangan banyak project sejak pandemi COVID-19 melanda. Karena hal tersebur, Kareem terpaksa putar otak agar bisnis fotografinya tetap lancar.


Bersama istrinya, Kareem akhirnya menemukan inovasi terbaru, yaitu Virtual Photoshoot. Pemotretan ini tidak harus membuat ia berjumpa dengan kliennya. Cukup melalui video call, sesi pemotretan dapat dilakukan.


Agar hasil foto dapat terlihat lebih profesional, ia juga turut membantu kliennya dengan memberikan pengarahan gaya, cara memegang handphone, hingga pose yang harus dilakukan.


Karena ide cemerlang ini, Kareem dan istrinya kini mendapatkan hampir 500 order dari seluruh penjuru negeri. Tentunya ini diluar dugaan dan membuat mereka cukup syok karena antusias publik yang begitu tinggi.


Namun uniknya, Kareem dan istrinya tidak memungut biaya dari klien. Mereka mengaku hanya ingin memberi kebaikan di tengah pandemi COVID-19. Sehingga diharapkan timbulnya rasa sukacita dari hasil pemotretan ini.